menelusuri takaran zakat fitrah

Menjadi panitia zakat fitrah di kampung membuat saya harus mencari ukuran yang pas untuk menakar beras sebagai bahan makanan pokok yang akan dizakatkan. Namun ukuran zakat yang disebut dalam hadits sahih tidak dalam ukuran yang kita kenal sekarang.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلَاةِ

“Dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam telah mewajibkan zakat fithri sebanyak satu shaa’ kurma atau satu shaa’ gandum. Kewajiban itu dikenakan kepada budak, orang merdeka, lelaki wanita, anak kecil, dan orang tua dari kalangan umat Islam. Dan beliau memerintahkan agar zakat fithri itu ditunaikan sebelum keluarnya orang-orang menuju shalat (‘Id)” [HR Al-Bukhari & Muslim].

Ukuran yang disebut adalah shaa’  dan ukuran sha’ yang berlaku adalah sha’ penduduk Madinah zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Satu sha’ adalah empat mud. Satu mud adalah sepenuh dua telapak tangan laki-laki berperawakan sedang.

“Timbangan yang teranggap adalah timbangannya Ahlu Mekah, dan sukatan yang teranggap adalah sukatan-nya orang Madinah” [HR Abu Dawud, Nasa'i, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar dengan sanad Shahih]

Dalam bahasa melayu, shaa’ sama dengan gantang. Namun ukuran gantang saat ini tinggallah kenangan. Walaupun segantang kira-kira 2.8 kg, namun untuk menakar padi segantang kira-kira 5 1/3 lb atau 2.42 kg. Barangkali inilah yang menjadikan ukuran 2.5 kg sebagai kadar zakat fitrah di Indonesia.  Dengan menggunakan kaleng literan Betawi (0.8 kg) diperoleh angka 3.5 liter beras. Tetapi dengan menggunakan takaran liter air, saya dapatkan bahwa 1 liter setara dengan 1 kg. Sedangkan menurut kamus bahasa Indonesia 1 gantang sama dengan 3.125 kg.

Hasil penelusuran menghampirkan saya pada halaman adink yang pernah menelusuri kadar zakat fitrah ini. Dewan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia pernah mengeluarkan fatwa bahwa 1 shaa’ adalah 3 kg. Baru-baru ini MUI Jatim menghimbau masyarakat untuk menakarnya sebesar 3 kg beras.  Himbauan MUI Jatim boleh merupakan jalan terbaik untuk kehati-hatian dan keluar dari perbedaan hitung. Mudah-mudahan angka 3 kg beras untuk zakat fitrah dapat mulai digunakan untuk menggantikan angka 2.5 kg.

6 Balasan ke menelusuri takaran zakat fitrah

  1. bambang t mengatakan:

    Surat dari kementrian Agama kita boleh mengeluarkan zakat 2,5 kg atau 2,7 kg. Bagaimana ya?

    • andi mengatakan:

      tidak masalah mas mana saja boleh diikuti asalkan tidak kurang dari ketetapan Nabi yaitu 4 mud atau 1 sha’. seandainya berlebih maka itu insya Allah jadi sedekah yang dicatat oleh Allah.

  2. andi mengatakan:

    eksperimen saya adalah menciduk beras dengan kedua telapak tangan untuk mengetahui ukuran 1 mud, namun kesulitannya adalah beras mudah sekali tumpah dari genggaman.

    Lalu saya coba takar dengan kaleng 1 liter dan masukkan ke dalam plastik kemudian saya tumpangkan ke atas kedua telapak tangan saya, ternyata cukup.

    Saya mengira inilah ukuran 1 mud, yaitu setara dengan kaleng 1 liter. Sehingga 1 sha’ menjadi 4 liter dan kalau ditimbang setara dengan 3,2 kg. Wallahu a’lam.

  3. [...] menghidupkan kembali ukuran dalam Islam “Untuk apa?”, barangkali itulah pertanyaan yang muncul ketika saya menelurkan judul di atas, “bukankah sudah ada konversi?” Bagi kebanyakan orang memang terlihat sepele, dengan adanya teknologi masa kini memungkinkan kita menggunakan konversi bahkan untuk suatu ukuran yang tinggal kenangan. Namun kenyataannya jika dikaitkan dengan ibadah yang nash-nya tertulis jelas dalam bentuk ukuran “kenangan” itu, tentu akan menyulitkan dan pasti akan timbul pertanyaan, “berapa sih konversinya?” Itulah yang saya alami ketika menelusuri takaran zakat fitrah. [...]

  4. andi mengatakan:

    Penelusuran saya lebih jauh masuk ke jenis ukuran di dunia, di mana ternyata ukuran sho digunakan juga di Jepang untuk menakar padi yang setara dengan 3.6 liter.

  5. Wong Alas mengatakan:

    BAGAIMANA DENGAN UKURAN BERAS?

    Karena sho’ adalah ukuran takaran bukan ukuran timbangan, dan sudah merupakan sesuatu yang difahami bersama bahwa sesuatu yang sama takarannya sangat mungkin beda timbangan karena perbedaan berat jenis benda tersebut. Contoh satu liter tanah dan satu liter besi, kalau keduanya ditimbang pasti beratnya berbeda. Dari sini maka tatkala para ulama dalam ketentuan di atas semuanya menggunakan ukuran gandum, maka harus dipindahkan pada ukuran beras. Dan caranya adalah sebagai berikut:
    • Ambil atau beli gandum bagus seberat 2,04 Kg.
    • Lalu masukkan ke sebuah tempat dan berilah tanda.
    • Tuanglah gandum tersebut lalu masukkan beras dengan kualitas sedang (bukan sangat bagus juga bukan beras yang jelek) ke tempat gandum tadi.
    • Timbanglah beras tersebut. Dan itulah ukuran satu sho’ menggunakan beras dalam ukuran timbangan.
    • Lalu takarlah beras tersebut, maka itulah ukuran satu sho’ dengan menggunakan beras dalam ukuran takaran.

    Cara ini telah di uji coba di Ma’had al-Furqon tahun 1426 H dan hasil yang di dapatkan adalah 2,33 Kg atau 2,7 liter beras kualitas sedang. Sejak saat itu ukuran tersebut di berlakukan di ma’had al-Furqon. Wallohu’alam.

    http://ummurufaidah.co.cc/ukuran-zakat-fithri.html

    Tambahan (koreksi): Ada perbedaan ukuran yang anda tulis, untuk 2,7 itu liter bukan kg karena bila dikonversi ke kilo menjadi 2,33 Kg atau umumnya msulimin Indonesia membulatkan menjadi 2,5 Kg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.788 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: