bila lelah

tubuh memiliki hak yang harus kita penuhi, seperti halnya kita meminta hak kita kepada orang lain, tubuh berhak atas makanan dan minuman yang baik dan menyehatkan, berhak atas excercise untuk kesegaran jasmani, berhak atas istirahat yang cukup, berhak atas perawatan diri yang baik, berhak atas ibadah yang benar.

jika hak-hak tubuh itu tidak kita penuhi, akan muncul permasalahan-permasalahan yang merepotkan kita, dan mengganggu aktivitas keseharian kita. salah makan bisa bikin perut bermasalah, merokok dan alkohol membuat fungsi organ menjadi cacat, tidak berolahraga membuat kita malas dan kekurangan oksigen, minim istirahat membuat tubuh kelelahan, tidak dirawat membuat penampilan buruk, tidak beribadah membuat kita kehilangan pegangan yang hakiki.

kenali dirimu sendiri agar kamu dapat memperlakukan dirimu dengan baik

ada sebuah jam dalam tubuh kita yang berfungsi mengingatkan kita saat-saat untuk memenuhi hak-hak tubuh. ia berdentang beberapa kali untuk masing-masing hak. apabila kita tidak segera memenuhi haknya, ia akan berdentang lebih keras lagi. bila kita melalaikannya, jam tersebut memberikan toleransi kepada jadwal tertentu seperti harian, mingguan, atau bulanan bahkan tahunan.

seperti layaknya jam mekanik, jam di dalam tubuh memiliki siklus. memiliki rentang waktu tertentu untuk setiap hak. ketika aktivitas eksternal kita mengabaikan peringatan jam tubuh, ia akan mengakumulasi persoalan dan meminta hak-hak secara sekaligus pada batas jatuh tempo. saat itulah kita membutuhkan istirahat…

One Response to bila lelah

  1. linda berkata:

    kebetulan cuaca di jkt saat ini lagi kurang bersahabat jadi mesti istirahat & makan teratur biar nda gampang sakit….
    btw, kok nda ada shoutboxnya??? thanx ya dah di link

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: