diari gunung kembang

Selama seminggu di hutan sumatera selatan, di waktu sela kutulis diari, berikut inilah…

===

070704 senja di gunung kembang

jam 4 pagi terbangun, kemudian mandi, sarapan dan salat subuh. Jam 5 diantar sama adik dan bapak ke bandara cengkareng. Hari ini aku harus terbang ke palembang, belajar pemboran window di tengah hutan yg bernama Gunung Kembang (GK3 re-entry), 6 jam dari palembang. Temukan perjalanan yg sangat menarik dan membosankan ?! hutan, kota, desa, rumah-rumah pedalaman, kera, sapi, rawa, sungai, dan jalan tanah panjang berdebu…

di seberang sana, belahan hatiku sedang berbunga-bunga, kemarin senin, ayahku melamarnya untukku…

she sent sms to me:

“Our business is not to see what lies dimly at a distance, but to do what lies clearly at hand.” (Thomas Carlyle)

semoga Allah memudahkan segala urusanmu

puff.. hari yg melelahkan, semoga semua baik-baik saja.

080704 pagi hari

malam memang selalu menyisakan kisahnya untuk pagi… nothing to do last nite, just talk and sleep. Tiredness makes you lazy to do anything. This is my 12th day wake up in the rig site, I have slept for 11 days in the rig site when I went to vico badak. The different from you wake up in the morning as usual is, you will not find your family there… you’ll get your team work and workers are waiting to work with you.

Petang

Pagi tadi berdiskusi dengan orang directional driller sperry sun – Halliburton (wawan dan jose) tentang mekanisme pemboran miring dan data-data yang diperoleh melalui LWD. Triple combo equipment memberikan data-data secara real time, LWD dan survey arah. Ngobrol sama pak balmen (co-man) sebentar. Siang hari adalah waktu yang panas, I use the time for take a nap. Then wake in the middle of afternoon, read email, and talk… your duty is just to witness on the job. Sementara itu masalah pompa masih diperbaiki, waktu hari ini begitu panjang, I don’t wanna assume that our coming is the cause of those problems.

Ugh, bikin lagu kok susah amat sih, syairnya tidak memiliki ruh sama sekali, terlalu biasa…

Pusing!

090704 early in the morning

malam yang menyenangkan untuk tidur! Setelah bermain Age of Empire II dan ngobrol sama Sinto, geologist yg sudah tidur duluan… aku kembali ke kamar tuk tidur dan terbangun pagi hari… jose, bule scotland yg kerja di sperry-sun Halliburton bilang: doing nothing is tiring… ya benar! Hari ini tidak ada yang bisa dilakukan, karena problem pompa, paling-paling hanya cabut BHA, karena adanya charge standby in hole yg lebih mahal daripada standbay in surface…

seperti biasa, siang kumanfaatkan untuk tidur siang, hah… segarnya ketika bangun sore hari. Lalu jalan-jalan nengok sumur GK-9 bertiga dengan desta dan pahala (directional driller), pinjam hp satelitnya pahala utk telpon ke Jakarta.

Jelang malam, ngobrol tentang rencana memiliki rumah, pacaran, tunangan, pernikahan, dan perencanaan memiliki anak, bersama dengan mas wawan, sinto, desta, dan pahala… hujan, dilanjutkan dengan diskusi tentang teori Darwin, alam semesta dan macam-macam lah…

100704 in the gate of the day

what do you call about coincident? Kurasa itu hanya suatu kebetulan belaka, apakah ada rekayasa atau hanya kebetulan? Tidak ada yang tahu kecuali ketika sudah terjadi, bukan?

Aku ingat waktu ikutan acara seminar keluarga tgl 3-4 juli lalu di thamrin, aku mengenakan baju krem yang mudah lecek, ternyata SO-ku datang juga mengenakan baju krem dan jilbab kuning gelap yang mudah lecek pula… aku tidak mengantarnya pulang sore itu, keesokannya aku menawarkan diri untuk mengantarnya pulang, ternyata sore kemarinnya sang ibu bertanya mengapa ia tidak kuantar… hari berikutnya aku mengenakan pakaian kotak-kotak hitam kuning, eh dia pake jilbab dan bawahan hitam serta pakaian abu kotak-kotak… nah lho! Yang lebih lucu lagi waktu datang lamaran, aku pakai kemeja biru bawahan gelap, eh ternyata ia pakai jilbab biru corak dan bawahan gelap! Padahal semua itu kita gak ada janjian lebih dulu lho… Oh my God!

Awas, ada yg berbunga-bunga hatinya! :b

Nah coincident kali ini bener-bener gak habis dalam pikiranku!

Mulanya dari mobil strada 4wd yang jemput aku dan desta di bandara sultan badarudin, palembang. Ketika lewat prabumulih, ac-nya padam, panas banget woi, 4 jam tanpa ac…

kemudian ketika sampai di gunung kembang, ada problem pembacaan di alat LWD-survey,

dan juga masalah pompa, kemudian hujan, sudah lama tidak hujan deras, kedatangan kami telah menghadirkan hujan ?!

lalu desta yang merubuhkan tempat tidur di sleeping camp Halliburton, dan di awal hujan sore kemarin, mobil pick-up yg disewa electrician mud flow line terguling ketika akan menuju ke lokasi.

Aku mau nggak percaya hal ini, tapi secara ilmiah dapat saja diuraikan sbb:

pendingin ac mobil terlalu penuh sehingga membeku dan harus dikurangi, dan ini benar! Problem pembacaan survey tool akibat oleh tidak bagusnya frekuensi atau aliran mud dari pompa sehingga masalah pompa harus dibenahi… ini lebih kuat alasannya.

Tergulingnya pick-up oleh karena awal hujan membuat perbedaan jalan yg jelas antara yg kering dengan yg basah, sehingga roda slip dan mobil terguling, ini benar!

Tempat tidur yg rubuh oleh desta memang sudah lemah penyangganya karena ada beberapa penyangga tambahan di sudut yg berbeda, ditambah tubuh desta yg berbobot, ini benar!

Lalu masalah hujan?

mas heru si directional driller, bilang ia memang berdoa agar hujan turun… ah lega!

Near evening

Pompanya datang! Jam 2 siang. Sedang pasang, wow besar, 3000psi ?! kalau berhasil paling lambat besok sudah mulai bor lagi, masih ada 1600 kaki lagi utk sampai landing position sebelum horizontal. Means that there are 8 days more and more until completion… phew!

120704 middle of the day

kemarin ahad 110704 ngapain ya? Kok lupa ditulis…😕

Oh iya, nothing to be done tuh, siangnya nonton Twister di co-man office, lalu main spider di laptop-nya desta, tidur siang, sorenya diskusi sama mas irfan (drilling engineer) tentang window drilling dan program pemboran GK-3 re-entry, juga tentang drilling training dan permasalahan oil n gas industry di Indonesia.

Abis makan malam, nonton F1 yg lagi GP di inggris, the next 2 weeks di jerman. Biasa deh, si mas schumi lagi yg di posisi 1 dari Ferrari, sedangkan posisi 2 diisi kimi raikkonen dari McLarren, dan posisi 3 david barichello dari Renault. Aku nyari si ralf kok ga ada ya? Eh pas baca BOLA, ternyata waktu GP di perancis ralf cedera jadinya harus perawatan, semoga cepat sembuh deh mas. Mo ngikutin? Klik aja Formula1.com

Selesai jam 2030, change ke Panasonic movie, aku dah ga tertarik lagi, buka email aja deh, baca-baca dan ngikutin test personality utk live, love, learn di True.com wah ini memang tes yg lebih kompre dibanding Tickle.com setidaknya secara brief oke sih, gratis pula :b

Balik ke sleeping camp, desta lagi mainan starwars di O2 xda II-nya. Makan donut trus sikat gigi dan go to sleep @ about 1 a.m.

Pagi ini bangun dengan segar, setelah salat subuh yang kesiangan :p ganti baju, malas banget mandi soalnya suasananya dingin dan mendung. Lalu ngobrol dan gitaran di room-nya sinto sampai jam 9-an. Ambil boot dan helmet, naik ke floor lihat drilling, kecipratan OBM waktu kelly-nya mutar di atas. Mengingatkan diri ttg bongkar pasang joint pipa bor cara konv. Soalnya ini rig punya HPS gak pake top drive, jadi gunakan kelly, bushing dan rotary table utk putar pipa bor. Lihat pompa yg walau sudah diganti tapi masih bermasalah juga, tadi pagi aja jam 7 ngebul gitu mesinnya, harus ganti liner. Mampir ke lab sperry sun, lihat jose sedang menjelaskan kepada idi (gantinya irfan yg off tmt today, eh pak balmen juga off ding, tapi gantinya belum dtg).

Jam 11-an kok ngantuk banget ya, balik ke sleeping camp, cuci kaki trus tidur! Kira-kira jam 13 bangun, mandi, salat zuhrain (digabung zuhr dan ashr), makan siang dan nulis diari ini😀

Eh, sambil dengerin kahitna ada lagu yg bikin mellow gitu, lupa judulnya, asyik karena liriknya sedikit tapi punya ruh…

menantimu hingga saat
cintaku temukan dirimu
usai sudah sampai di sini
berdiri melabuhkan asmara
menikah denganku
menempatkan cinta
melintasi perjalanan usia

menikah denganmu
menetapkan jiwa
bertatahkan kesetiaan cinta

selamanya

(“,)

eh, desta cerita kalo tadi dia dah telpon Jakarta tentang nasib kami berdua, soalnya ada kabar bahwa tgl 19 ada orientasi di jogja gitu deh. Yg ngobrol sama desta ialah pak martinus, beliau bilang just wait n see aja, nanti pak DH bakal nelpon ke rig ngasitau the rest… waa mudah-mudahan aja, masak kami disuruh nunggu next train gitu kan gigit jari deh…

jam 8 malam

kembali kubuka laptop desta, ada sejuta niat tentang apa yg akan kutulis.

Sore tadi nonton HBO, trus kenalan sama co-man pengganti yg baru datang dari Lagan, namanya pak sutrisno. Kira-kira jam 6 makan sore lalu berdiskusi dengan eddy (pvt – pit volume tank engineer). Setelah itu diskusi dengan desta ttg bpmigas, phew… banyak yg mesti dibenahi, aku belajar kata realistis dari desta, dan bertanya dalam hati apakah kata tersebut mampu memadamkan api idealistis ?!

Waktu kemarin sore, jalan-jalan dengan sukri, anak kecil yg tinggal di pedalaman gunung kembang. Ketika bertemu dengan jejak binatang, ia katakan bahwa itu adalah langkah anjing (langkah = jejak) bukan langkah babi. Babi tak boleh dimakan sebab dia orang beragama islam. Ketika kutanya apakah ia sembahyang dan mengaji setiap hari, ia jawab tidak, utk sembahyang dan mengaji harus jauh ke soka. Saat kutanya apakah ia sekolah, ia jawab tidak lagi, karena sekolahnya jauh dan ia bosan karena uang sekolahnya selalu diminta wong (wong = orang). Bila kudesak orang mana yg meminta uang sekolahnya, jawabnya adalah wong jowo (orang jahat). Ia juga bilang bahwa wong jowo (orang jahat) suka makan babi (?!). Di dekat sumur minyak ada ladang yang dibuat oleh orang setempat. Biasanya mereka menanam padi dan gori (gori = nangka), selain itu pekerjaan orang pedalaman adalah mengambil getah karet dan juga memutas ikan di kolam atau sungai. Tak jauh kudengar suara mesin yg sedang menebang pohon-pohon. Sukri, anak itu memiliki 11 saudara, dan pernah juga punya adik yg tidak hidup tak lama setelah dilahirkan. Rumahnya sangat sederhana, tipikal rumah panggung di pedalaman sumatera. Aku suka dengan eksterior arsitektur rumah panggung pedalaman.

Perjalanan memang memberi begitu banyak pelajaran…

130704 jam 9 pagi

“Ndi! Kita di suruh pulang!”

“Ha apa maksud?”

“Iya tadi jakarta telpon, kalau ada yg mesti diberesin, jadi kita diminta pulang..”

“trus…”

“Aku bilang aja, kita akan usahakan, soalnya gak yakin dapat flight sore atau malam ini”

“Des, ini surat pengantar untuk menginap di guesthouse, in case kita ga bisa terbang malam ini.”

“Oke deh…”

jam 11 mitsubishi strada 4wd meluncur meninggalkan lokasi membawa aku dan desta (dan pak sopir) melintasi waktu menuju palembang…

Mom, I come home!

===

Satu Balasan ke diari gunung kembang

  1. Anonymous mengatakan:

    Assalamu’alaikun Wr. Wb.
    Ini Citra!!!
    Akhirnya inget juga untuk liat2 blogmu lagi Mas…padahal aku ga jarang2 banget ngenet…:P
    Wah, tulisannya GePe banget ya? Aku rada2 bolot, bukan rada2 deng sangat2 bolot! Eh, aku juga suka banget arsitektur tradisional, rumah panggung itu ternyata kolongnya bisa berfungsi selain buat kandang, juga buat memelihara struktur tanah… itu kutau dari Pak Lendo…
    Ya udah ah, aku ditungguin temenku yang rese banget, mukul2 tanganku minta cepetan pulang…eh salah, mabit… Insya Allah nanti kukomenin lagi ya!
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: