the year of living dangerously

the year of living dangerously Posted by Hello

tahun penuh bahaya, begitu kira-kira judul novel yang dibuat oleh CJ Koch, novelis Australia, menggambarkan tahun 1965 di Indonesia, masa itu memang penuh revolusi.

cerita yang berlatar belakang kota Jakarta pada tahun terakhir kekuasaan presiden Soekarno, dimana saat itu terjadi krisis ekonomi yang sangat parah. Mengisahkan perjalanan beberapa orang jurnalis Australia: Guy Hamilton, Billy Kwan dan Jill Bryant. dengan fokus cerita pada Billy Kwan, seorang pria cebol yang sangat mengagumi Sukarno.

pada tahun 1982, Peter Weir, sutradara Australia, membuat film yang diangkat dari novel ini dengan judul yang sama, the year of living dangerously, yang dibintangi oleh Mel Gibson, Linda Hunt dan Sigourney Weaver.

ada beberapa kisah menarik di balik film ini:

1 film ini dilarang beredar di Indonesia oleh mantan presiden Suharto, barulah tahun 2000, film ini diselesaikan di Indonesia.

2 banyak dialog bukan dalam bahasa Inggris atau Indonesia, dan juga bukan bahasa Jawa, melainkan bahasa Tagalog. ini karena pengambilan gambar dilakukan bukan di Indonesia melainkan di Filipina.

3 banyak peran yang tidak diperankan oleh orang Indonesia, melainkan orang Filipina.

4 Billy Kwan diperankan oleh Linda Hunt

sayang sekali dalam film ini fokus cerita berpindah ke Guy Hamilton (Mel Gibson) bukan kepada Billi Kwan seperti dalam novelnya.

film ini ditayangkan oleh MetroTV dalam PanasonicCinema edisi 26 September 2004.

Satu Balasan ke the year of living dangerously

  1. wida mengatakan:

    i saw this movie too last nite.. at first i thought its kinda cool seeing Indonesia’s history from a foreigner’s point of view about that ‘exciting’ era.

    tapi dari tengah sampe abis, loh kok ? jadi film roman? sight paling keren adalah *mnrt g* pas billy kwan dengan nekatnya demo dengan memasang spanduk memprotes soekarno to feed his people. cool!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: