sampah dan rasa syukur

sampah adalah produk buangan maupun sisa dari keseharian kita. ada sampah rumah tangga dan ada pula sampah industri. yang termasuk sampah rumah tangga adalah sisa makanan, kulit-kulit buah, kertas, plastik pembungkus makanan, plastik, dan mungkin sedikit kayu dan besi seperti batang pensil ataupun penjepit kertas.

memperlakukan sampah tersebut di rumah kita adalah dengan menaruhnya di dalam tempat sampah yang sudah kita sediakan. biasanya setiap hari kita masukkan ke kotak sampah di depan rumah untuk diangkut oleh pengangkut sampah. kita sangat ingin rumah kita bersih dari sampah agar hidup di dalamnya sehat dan nyaman.

tetapi ketika kita beranjak keluar rumah, kita akan temukan orang lain (mungkin juga kita) membuang sampahnya seenaknya di pinggir jalan, di parit, di kebun, dan di sungai. di antara mereka ada yang membuangnya dengan berjalan kaki, mengendara sepeda motor, atau berkendara mobil. pengendara mobil sangat ingin mobilnya bersih dari sampah sehingga ia mengusir sampah keluar dari mobilnya, padahal jika di rumah saja kita siapkan keranjang sampah, mengapa di dalam mobil tidak?

sampah adalah sumber penyakit, namun membuangnya secara sembarangan alih-alih mengurangi potensi penyakit, malah menyebarkannya dan berpotensi mencelakakan.

kawan, rasa syukur kita atas kesehatan yang diberikan oleh Allah kepada kita marilah kita gunakan dengan membuang sampah pada tempat yang dibuat sebagai tempat sampah, tidak mengotori lingkungan dengan sampah kita.

IJS-06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: