singkirkan duri di jalan kita

dalam perjalanan akan ada begitu banyak hal kita jumpai, mulai dari yang menyenangkan hingga yang paling teruk kita alami. kadang-kadang pemandangan di atas bukit mampu membebaskan dada kita yang terhimpit masalah, namun jika menengok ke bawah jurang yang dalam, dapat pula mendebarkan jantung, khawatir jika terjatuh ke dalamnya.

dalam sebuah pengajian rasulullah saw. pernah menyampaikan beberapa tingkatan iman: yang tertinggi adalah meyakini dan mengucapkan kalimat tahlil “Laa ilaaha illallah” yaitu bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang patut diyakini, disembah dan jadi sandaran hidup kecuali Allah saja; kemudian yang paling rendah adalah menyingkirkan duri di jalan tempat berlalu orang-orang. beliau saw. juga menyampaikan bahwa dari setiap senyum kita kepada sesama adalah sedekah yang terhitung dalam akun pahala kita.

begitupun dalam perjalanan kita, kelelahan yang kita alami akan sirna begitu saja ketika kita menghadapinya dengan senyuman, keikhlasan dan berharap hanya keridaan Allah. pada setiap jalan yang kita lalui akan kita temui kerikil, batu sandungan bahkan duri penghalang yang mampu memupuskan harapan kita untuk meneruskan perjalanan.

padahal jika kita mampu mengumpulkan setiap kerikil dan batu yang kita temui, ia akan dapat kita susun sebagai tangga menuju kesuksesan. padahal jika kita mau menyingkirkan setiap duri dari jalan sehingga memudahkan orang lain berlalu dengan aman, ia akan menambah iman kita.

IJS-11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: