gunakan telinga, mata dan hati kita

manusia telah diberi anugerah pendengaran sejak masih menjadi janin di dalam rahim ibu. beberapa saat setelah lahir barulah indera penglihatannya berfungsi. sedangkan hati atau perasaan mulai dibina sejak mengalami sentuhan pertama dan semakin terasah seiring pengalaman emosi. ketiga indera ini adalah anugerah yang wajib kita syukuri, karena dengan ketiganya kita mengenal dunia, memasuki pengetahuan yang tiada batasnya.

ada 18 ayat alquran berbicara tentang pendengaran, 24 ayat tentang penglihatan, dan 175 ayat tentang hati atau perasaan. ini menunjukkan sebanyak apapun yang kita dengar tidaklah sebanyak pengetahuan yang mampu diraih dengan melihat, dan sebanyak apapun yang kita lihat, tetap harus ditimbang dengan hati.

pengetahuan yang kita peroleh dari pendengaran, penglihatan dan hati jika digunakan untuk kemaslahatan akan membawa manfaat yang besar bagi sesama maupun semesta, namun jika untuk kemudaratan, akan membawa kehancuran tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga alam ini. gunakan telinga, mata dan hati kita dengan bijak.

terlalu konseptual? ah tentu saja yang praktikal akan berbeda setiap kita, dan anda pun tahu bagaimana berlaku bijak bukan?

QS 23:78, 17:36

IJS-12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: