obrolan ibu-ibu…

24 November, 2007

Dulu, sulit sekali rasanya mencerna obrolan ibu-ibu di komplek mama. isinya benar-benar gado-gado, mulai dari obrolan soal anak, suami, mertua, sampe soal arisan, soal menu sehari-hari, harga barang-barang yang melambung tinggi… yah, hampir semua hal deh! Dulu, aku juga bingung dengan gaya bercanda mereka yang melulu nyerempet-nyerempet soal “tempat tidur”… Dan dulu, biasanya aku hanya menanggapi dengan
senyum-senyum, sambil berpikir, ” ih, yang begituan kok diomongin? Mereka ini nggak ngerti atau…”

Setelah menikah, aku dan mas memutuskan untuk tinggal di rumah sendiri (setelah 8 bulan tinggal di PMI). Posisiku sebagai perempuan menikah yang nggak langsung dikasih momongan, membuatku merasa canggung sekali untuk bergabung dengan ibu-ibu di komplek (aku kan orangnya memang agak pemalu :P). Selain aku pada dasarnya sudah punya stigma yang jelek menyangkut obrolan para ibu-ibu. Ditambah aku juga bekerja, dari mulai freelance sampai kerja ngantor. Sibuk ah, nggak sempet deh ngobrol…

Sampai Raka lahir dan aku memutuskan untuk mendampinginya di rumah. Mau nggak mau aku jadi “terjun” juga ke lingkungan ibu-ibu di komplekku. Wuih, awalnya sulit sekali mengerti kebiasaan mereka ngobrol. Serba nggak enak, serba “hati-hati”, dan serba prosedural… Hanya untuk masalah-masalah yang sangat sederhana… Membicarakan aib jadi masalah biasa, tapi saling memaafkan setelah terjadi konflik merupakan hal yang
sulit sekali terwujud… Jadi seperti bicara dengan anak kecil…

[c]

Iklan

maaf saya wong ndeso…

24 November, 2007

ceritanya bulan puasa kemarin tio belajar jualan pulsa, temannya pesan pulsa 50 ribu untuk nomor xxx681 via sms, biasanya dibayar pas pulang kantor. tapi sore itu gak dibayar karena si teman yang memesan sudah pulang. malamnya teman itu kirim sms bahwa pulsanya belum sampai. pas konfirmasi ke data center, pulsa sudah sampai ke nomor xxx681. lalu teman itu kirim sms lagi bahwa dia salah kasih nomor, seharusnya xxx861, si teman juga berjanji bayar atas kesalahan kirim. tio akhirnya lakukan pengiriman pulsa ke nomor sebenarnya.

iseng-iseng, tio coba kirim sms ke nomor xxx681:

“maaf, kemarin nerima pulsa 50rb? Sy salah kirim. Tlg byr via atm mandiri 50rb saja ke no rek xxx. terima kasih”

datang sms balasan dari nomor xxx681:

“maap pak/ibu.saudaraku.sblm trmksh.muda2 bln suci ini.mbwh berkah bg sdrku.aku orang kpg/petani. ke kota mkn waktu 1.5 hr. ak upk trm.amin.”

tio pun kirim balasan dg sms yang sama persis dengan sebelumnya. lalu dibalas:

“Maaf pak/ibu. Aku g.. Tau. kukira anak sy yg krm pls. slnya ak tiap bln jg di krmin dr jkt oleh anakku. apa itu traspr. apa iku via ora ngeti.ak wong ndeso. tmksh.”

akhirnya tio kirim balasan yang tidak pernah dibalas lagi oleh orang tsb:

“maaf, tlg kirim sms ini ke anak bpk/ibu agar mengirim uang 50rb lewat atm mandiri ke no rek xxx karena bpk/ibu telah menerima pulsa 50rb. Trm kasih.”

dan kiriman uang 50 ribu pun tidak pernah mampir di rekening mandiri tio. untunglah temannya menepati janji membayar kesalahan kirim itu. hitung-hitung sedekah, katanya.


dongeng migas: pengantar 3

22 November, 2007

[lanjutan]

gas dan minyak bumi yang bermigrasi di dalam batuan reservoir akan menemukan jebakan (trap) yaitu titik tertinggi pada batuan reservoir sehingga gas atau minyak berhenti bermigrasi dan terkumpul. karena pori-pori batuan reservoir sudah terisi air, maka gas dan minyak akan mengalir ke bagian yang paling tinggi pada batuan reservoir. salah satu tipe jebakan adalah busur alami pada batuan reservoir yang disebut kubah (dome) atau antiklinal (anticline).

Di dalam jebakan, fluida terpisah berdasarkan berat jenisnya masing-masing. gas sebagai fluida yang teringan akan mengisi bagian paling atas jebakan dan membentuk free gas cap. minyak akan mengisi bagian tengah dan membentuk reservoir minyak. air asin sebagai fluida yang terberat akan mengisi bagian dasar.

untuk melengkapi jebakan, batuan penutup (cap rock) harus menutupi batuan reservoir. cap rock adalah semacam batuan penyegel yang tidak mungkin dilalui oleh fluida. tanpa adanya cap rock, minyak dan gas akan bocor ke permukaan tanah. dua bentuk batuan sedimenter yang berfungsi sebagai cap rock adalah shale dan salt.

bagaimanakah cadangan bawah tanah minyak dan gas terbentuk? pada masa-masa awal pemboran, dibayangkan bahwa terdapat sungai bawah tanah yang mengalir dan danau bawah tanah berisi minyak. Para driller di masa-masa awal bagaimanapun berhasil memperoleh minyak karena banyaknya jebakan bawah tanah yang bocor. Ada rekahan kecil pada cap rock yang membuat minyak dan gas bocor dan merembes (seep) ke permukaan. Para driller awal biasanya menempatkan sumur mereka di atas rembesan (seep).

pada awal 1900an, dasar-dasar pengetahuan mengenai cadangan minyak dan gas bawah tanah menjadi lebih baik. perusahaan minyak menyadari bahwa dengan memetakan bagaimana lapisan batuan sedimenter tersingkap (crop out) di atas permukaan tanah, lapisan batuan dapat diproyeksikan ke bawah permukaan, dan jebakan dapat ditentukan lokasinya. para geologist dipekerjakan untuk memetakan singkapan (outcrop) batuan.

belakangan, metode seismik dikembangkan untuk mendeteksi jebakan tersembunyi di bawah permukaan. eksplorasi seismik menggunakan sumber dan detektor. sumber seperti dinamit diletakkan pada atau dekat permukaan dan memberikan impulse energi suara ke dalam bawah permukaan. energi suara akan dipantulkan oleh lapisan-lapisan batuan sedimenter kembali ke permukaan dan direkam oleh detektor. gema suara yang terekam digunakan untuk membuat pencitraan lapisan batuan bawah permukaan tanah.

[bersambung]

sumber: Norman J Hyne, Ph.D. “Nontechnical Guide to Petroleum Geology, Exploration, Drilling, and Production“, 2nd Ed. PennWell


cobain XL 3G dengan HSDPA modem

22 November, 2007

hari ini pertama kalinya pake XL 3G dengan HSDPA modem… cepet banget ya? dibandingkan dengan wifone hiks… lagipula tuh barang udah kejual… yah hitung-hitung sedekah…:P

jatah dari XL 3G sih 1 GB, ini udah 40 menitan baru 14 MB, jatahnya masih banyak…yang jelas jauh lebih murah karena profil internetan citra kan bukan download mania, tapi browsing.

makasih buat mas andi yang dah mau modalin 🙂 makasih juga buat mas jonru yang udah rekomendasiin.


dongeng migas: pengantar 2

21 November, 2007

[lanjutan]

sumber utama pembentuk gas dan minyak bumi adalah materi organik yang terkubur dan termasak di dalam batuan sedimenter kuno. batuan ini tidak hanya mengandungi partikel anorganik seperti butiran pasir dan lumpur, tetapi juga materi dari bangkai tetumbuhan dan binatang. batuan sedimenter yang paling kaya akan kandungan organiknya (batuan sumber bagi migas) adalah black shale. terdeposisi sebagai lumpur kaya organik pada dasar lautan kuno. di bawah tanah, temperatur menjadi faktor paling penting untuk memasak materi organik menjadi minyak. apabila batuan sumber ditutupi lebih banyak sedimen dan terkubur dalam dalam di bumi ia menjadi panas dan lebih panas. temperatur minimum yang diperlukan untuk membentuk minyak, sekitar 150 F (65 C), berada pada kedalaman 7000 ft (2130 m) di bawah permukaan bumi. Minyak dihasilkan dari posisi tersebut hingga kedalaman 18,000 ft (5500 m) pada temperatur 300 F (150 C). reaksi yang mengubah materi organik menjadi minyak amat kompleks dan membutuhkan waktu yang lama. jika batuan sumber terkubur lebih dalam dengan temperatur di atas 300 F (150 C), maka materi organik tersisa akan menghasilkan gas alam.

gas dan minyak apabila dibandingkan dengan air yang juga berada di batuan sedimenter bawah tanah, berat jenisnya lebih ringan. setelah terbentuk, minyak dan gas bumi terangkat karena daya apung (buoyancy) melalui rekahan (fractures) pada batuan bawah tanah. minyak dan gas bumi yang terangkat memasuki lapisan batuan reservoir. batuan reservoir adalah batuan sedimenter yang mengandungi jutaan ruang sangat kecil yang disebut pori-pori (pores). batuan sedimenter umum seperti sandstone terbentuk dari butiran pasir yang persis dengan butiran pasir pantai atau pasir sungai. butiran pasir tersebut seperti bola-bola (spheres) yang berbeda ukuran sehingga tidak memungkinkan satu sama lain mengepas secara sempurna. ada ruang pori antara butiran pasir di pantai begitu juga pada batuan sandstone. limestone, batuan sedimenter umum lainnya, terdeposisi sebagai hamparan cangkang (shell beds) atau karang (reefs), dan terdapat pori antara cangkang dengan koral. gas dan minyak mengalir ke dalam pori-pori lapisan batuan reservoir.

Fluida (air, gas, atau minyak), baik di permukaan maupun di bawah tanah, akan selalu mengalir melalui jalur yang lebih sedikit hambatannya, rute termudah. di bawah tanah, rute termudah itu adalah sepanjang lapisan batuan reservoir. hal ini karena adanya sambungan antara ruang pori sehingga fluida dapat mengalir dari pori ke pori dan menuju ke atas. kemampuan alir fluida di dalam batuan disebut juga permeabilitas, dan perpindahan minyak dan gas menuju permukaan disebut migrasi. karena migrasi, minyak dan gas dapat berpindah jauh, secara horizontal dan vertikal, dari tempat asal pembentukannya.

[bersambung]

sumber: Norman J Hyne, Ph.D. “Nontechnical Guide to Petroleum Geology, Exploration, Drilling, and Production”, 2nd Ed. Pennwell


ups… bukannya puasa?

21 November, 2007

kejadian ini terjadi beberapa waktu lalu, masih di bulan syawal. biasanya orang-orang beriman akan melanjutkan puasa ramadhan mereka dengan puasa 6 hari di bulan syawal, sebagai rasa syukur dan mendulang pahala komplementer. begitu juga dengan tio, ia tidak mau ketinggalan mengikuti jejak mereka, yah lumayan lah kecipratan sebutan “beriman” hehehe…

hari itu hari keenam kebetulan pada akhir bulan syawal, tio tidak sempat makan sahur, hanya seteguk air madu. dapat dipastikan seharian kepayahan menahan lapar 🙂 snack di ruang rapat pun sama sekali tidak dia sentuh, menjaga puasanya. alhamdulillah sampai waktu pulang kantor semua “cobaan” berlalu tanpa tergoda.

sebelum pulang, tio menyempatkan mampir di bazaar bulanan di ruang exhibition. dia juga sempat memesan lumpia untuk dibawa pulang. saat mampir di stand teh hitam untuk kesehatan, promotion stafnya mengajak berbincang dan tio pun asyik bertanya, bahkan menghabiskan segelas teh hangat yang luar biasa menyegarkan. tio pamit setelah mendapat informasi yang cukup. kemudian ia mendengar salah seorang promotion staf bicara kepada temannya untuk salat magrib setelah tutup stand.

dug!

tio terkesiap, dan melihat jam masih menunjukkan pukul 17.20, magrib masih 35 menit lagi. tio tersadar, “lho… bukannya saya sedang berpuasa?”

masya Allah.. astaghfirullah.. subhanallah..

… lalu… alhamdulillah…

pantas saja setelah minum teh tadi badan rasanya segar sekali, itu bukan khasiat tehnya yang berlaku langsung, tetapi karena tio seharian berpuasa 🙂 tidak ada kesengajaan dari dirinya untuk minum, semuanya terjadi dalam kelupaan. tio bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya, dan melanjutkan puasanya yang tinggal 30 menit lagi.

kalaupun tio membatalkan puasa dengan sengaja, ia tidak perlu menggantinya di hari lain karena hanya puasa sunnah.


dongeng migas: pengantar

16 November, 2007

ngambil bukunya om Norman J. Hyne, Ph.D berjudul “Petunjuk Non Teknis untuk Geologi, Eksplorasi, Pemboran, dan Produksi Perminyakan”, saya tergerak untuk berbagi beberapa hal dari buku tersebut. karena bahasanya yang non teknis, saya beranikan untuk menerjemahkan dari buku aslinya yang berbahasa Inggris dengan bahasa saya sendiri 🙂 mudah-mudahan tidak melanggar haki ya …

pengantar

baik minyak bumi maupun gas alam adalah campuran molekul yang dibentuk oleh atom karbon dan atom hidrogen. ada beberapa macam minyak bumi dan gas alam yang berbeda, sebagian lebih bernilai daripada yang lain. minyak bumi berat (heavy crude oils) sangat tebal dan kental serta sangat sulit untuk diproduksikan, sementara minyak bumi ringan (light crude oils) sangat mudah mengalir dan mudah diproduksikan. yang kurang bernilai adalah minyak bumi asam (sour crude oils) yang mengandungi sulfur dan gas alam asam (sour natural gas) yang mengandungi hidrogen sulfida. beberapa gas alam yang membutuhkan lebih banyak kalor untuk terbakar daripada yang lain, mengandungi cairan gas alam dan gasolin, biasanya lebih bernilai.

supaya memiliki cadangan minyak atau gas yang komersial, ada tiga kondisi geologi yang harus dipenuhi. pertama, harus adanya batuan sumber (source rock) di bawah tanah yang pada suatu waktu di masa lampau menghasilkan minyak atau gas. kedua, harus ada pemisah, yaitu batuan reservoir (reservoir rock) di bawah tanah yang menjaga minyak atau gas. ketiga, mesti ada jebakan (trap) pada batuan reservoir untuk mengonsentrasikan gas atau minyak sehingga jumlahnya memadai secara komersial.

lapisan bumi paling atas dalam area yang memproduksikan gas atau minyak biasanya terdiri dari beberapa lapis batuan sedimenter (sedimentary rock layers). batuan sedimenter adalah sumber dan resrvoir bagi gas dan minyak. batuan ini disebut batuan sedimenter karena terdiri atas beberapa sedimen. sedimen adalah 1) partikel seperti butiran pasir yang terbentuk oleh pecahan batuan sebelumnya dan terpindahkan, 2) seashells (cangkang dari organisme laut), atau 3) garam yang terurai dari air. batuan sedimenter yang membentuk lapisan bumi berusia jutaan bahkan milyaran tahun. selama masa geologi yang berkembang pesat, kedalaman laut telah berubah-ubah. berkali-kali di masa lampau, lautan naik menutupi daratan dan kemudian turun untuk menaikkan daratan. pada masa itu, sedimen mulai terbentuk. sedimen ini terbentuk dari materi sederhana seperti pasir pantai, lumpur di dasar laut, dan tumpukan cangkang organisme laut. sedimen kuno ini tersusun lapis demi lapis, membentuk batuan sedimenter yang nantinya dibor untuk memproduksikan minyak dan gas.

[bersambung]


%d blogger menyukai ini: