dakwah turun ke jalan

pemuda itu meminta ijin kenek untuk naik bus metromini yang membawa penumpang ke arah pasar minggu. wajahnya penuh senyum, setelah pengamen turun dari bus, ia maju ke depan, mengucap salam dan shalawat kemudian mulai berbicara tentang maraknya aliran sesat, dan ia memperkenalkan program dakwah turun ke jalan.

ia berbicara begitu santun dan anggun, pemilihan kata-katanya berusaha untuk tidak menyinggung perasaan, walaupun sementara masih dangkal. tetapi ia mengajak penumpang untuk berterima kasih dan bersyukur kepada Allah atas segala karunia dan kemampuan yang diberikan secara berbeda-beda kepada setiap orang. keahlian yang dimiliki sepatutnya digunakan dengan rasa syukur.

setelah selesai ia mengajak penumpang untuk berpartisipasi mendanai program dakwah turun ke jalan. walau tak seorang pun yang mengulurkan receh, barangkali karena sudah habis untuk pengamen sebelumnya, pemuda itu tetap menghiasi wajahnya dengan senyuman dan berusaha ikhlas. ia pun turun dari bus seraya berterima kasih kepada kenek.

ada sebuah ayat di dalam Alquran surat Yaasin, 36:21

Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

mungkin perlu perhatian dari pihak yang berwenang (ulama, pemerintah, lembaga dakwah, lembaga pendanaan umat, dsb) untuk penggagas program dakwah turun ke jalan, supaya mereka tidak menjual ayat-ayat dengan harga murah. meminta penumpang berpartisipasi dalam program tersebut (ini pun berlaku bagi para pencari dana pembangunan masjid) adalah perilaku yang dibenci dalam agama, karena hanya orang-orang yang mencari balasan dari Tuhan mereka saja itulah yang mendapat petunjuk dan memberi petunjuk yang benar.

QS 6:90 Katakanlah: “Aku tidak meminta upah kepadamu dalam menyampaikan (Al-Quran).”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: