[ssr] Bijak menggunakan kartu kredit

Oleh: Ahmad Gozali
(www.perencanakeuangan.com)

Dikutip dari Wanita Indonesia, 2007

Mas Gozali,

Akhirnya saya berhasil memperoleh kartu kredit pertama saya, tapi selama ini saya sering dengar kalau banyak orang yang bermasalah karena kartu kreditnya. Jadi saya ingin minta saran, sebaiknya bagaimana saya menggunakan kartu kredit itu nanti? Terima kasih.

NN. 08134587XXX

Jawaban:

Seperti kita ketahui bersama, memang belakangan ini perbankan di Indonesia sedang gencar-gencarnya membuka ?kran? untuk menyalurkan kredit nya kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan penyaluran kredit konsumtif melalui kartu kredit. Dengan hanya berbekal sebuah fotokopi KTP dan proses yang sangat singkat, maka dengan segera konsumen pun akan memiliki sebuah kartu kredit dengan limit tertentu ditangannya.

Sekarang yang menjadi pertanyaan Anda adalah sebaiknya bagaimana cara penggunaan kartu kredit ini? Nah, sekarang mari kita bahas. Perlu Anda ketahui, kartu kredit adalah merupakan sebuah alat bantu pembayaran. Maksudnya Alat Pembayaran disini adalah persis seperti Uang Tunai yang Anda pakai untuk membayar suatu transaksi. Hanya saja disini kartu kredit bisa menjadi pengganti sementara dari uang tunai yang kita tidak bawa, bukan pengganti uang tunai yang tidak kita miliki. Saya ulangi, bukan pengganti uang tunai yang tidak kita miliki yah, tapi yang tidak kita bawa. Hal ini perlu saya ulangi agar lebih jelas dan tidak terjadi salah penafsiran, karena banyak dari kita tidak membawa uang tunai adalah lebih karena faktor keamanan bukan karena tidak memilikinya.

Maksud dari ?pengganti sementara? disini artinya adalah bahwa kalau Anda ingin membeli barang yang harga tunainya Rp 250.000,- , Anda bisa saja tidak menggunakan uang tunai Anda, tetapi menggunakan Kartu Kredit Anda pun tidak salah. Tapi, pada akhir bulan ? atau pada bulan depan ? bank penerbit kartu kredit Anda akan memberikan tagihan sebesar Rp 250.000,- kepada Anda. Artinya, Anda tetap saja harus membayar senilai Rp 250.000,- atas harga barang yang telah menjadi milik Anda tersebut, hanya saja pembayaran tersebut tidak dilakukan di awal ketika barang tersebut dibeli, tetapi di tangguhkan hingga akhir ketika tagihan dari penerbit kartu datang. Lalu bagaimana kalau sampai akhir bulan ketika tagihan kartu kredit datang Anda tidak dapat langsung melunasi semuanya? Untuk itu ada bunga yang harus Anda bayarkan. Besarnya sih tergantung dari masing-masing bank memberikannya atau sebagai gambarannya yah sekitar 2,75% – 3,5% dari jumlah tagihan yang belum dibayar tersebut. Nah apabila Anda tidak ingin membayar lunas seluruh tagihannya, kartu kredit biasanya memberikan kemudahan berupa ketentuan pembayaran minimal. Besarannya sekitar 10% dari tagihan yang Anda terima pada bulan tersebut.

Terakhir, ada beberapa hal yang harus Anda cermati sebelum mempergunakan kartu kredit. Yang pertama adalah, pahamilah fungsi kartu kredit tersebut. Kedua, perhatikan kemampuan Anda dalam membayar tagihan yang diterima setiap akhir bulannya. Pastikan sebelum Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, Anda memiliki sejumlah dana untuk membayar pemakaian tersebut agar tidak terkena beban hutang. Dan yang ketiga, pastikan waktu jatuh tempo pembayarannya agar Anda tidak dikenakan bunga apabila ingin melunasinya sekaligus. Jadi katakanlah jatuh tempo penagihan kartu kredit adalah tanggal 5 setiap bulannya, maka setiap awal bulan setelah Anda menerima penghasilan, langsung Anda sisihkan senilai sisa pemakaian yang akan dilunasi tersebut.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

– MOHON DI FORWARD –

_____________________________________________________
Kunjungi situs kami di www.perencanakeuangan.com
Ingin mendapatkan info dan artikel rutin di email Anda tentang perencanaan keuangan? Dapatkan newsletter kami. Kirimkan email kosong Anda ke alamat SSR-InfodanArtikel-subscribe@yahoogroups.com
Ingin bertemu dan berkenalan dengan rekan-rekan lain yang memiliki minat yang sama terhadap topik tentang perencanaan keuangan? Join klub kami. Kirimkan email kosong Anda ke alamat SSR-Klub-subscribe@yahoogroups.com
Ingin bertemu dan berkenalan dengan rekan-rekan lain  yang memiliki minat yang sama terhadap topik tentang perencanaan keuangan syariah? Join milis kami. Kirimkan email kosong Anda ke alamat SSR-Syariah-subscribe@yahoogroups.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: