hari raya haji tahun ini

makna hari raya haji tak sekedar sate dan gulai serta ketupat yang melengkapi suasana kumpul keluarga. hampir setiap hari raya baik itu hari raya puasa (idul fitri) maupun hari raya haji (idul adha) rumah mama jadi tempat kumpul adik-adik mama dan bapak. bakar sate, masak gulai serta ketupat sayur adalah hal yang lumrah saat hari raya qurban. namun tidak dengan tahun ini, ketika mama dan bapak sedang menunaikan ibadah haji di mekkah, tak ada kumpul keluarga yang meramaikan hari raya.

praktis ketupat sayur dan ayam goreng hanya dinikmati oleh andi-citra-raka, nug, dana dan bude asih (kakak pertama mama yang tetap melajang sampai saat ini). 2 kantung daging sapi jatah qurban mengeram di dalam freezer yang menanti untuk dimasak rendang, terpaksa menambah masa penantiannya untuk dimasak atau diteruskan kepada orang lain.

anak mama cuma dua, andi dan nug. andi sudah berkeluarga dan tinggal terpisah hanya sesekali berkunjung ke rumah mama. nug sudah bekerja dan tinggal di kos-kosan dekat tepat kerjanya. rumah hanya dirawat oleh bibi yang datang setiap hari. untunglah ada dana, sepupu kami yang bekerja di klinik, yang bersedia menempati rumah sekalian ia menghemat daripada harus ngekos. bude asih hanya datang sesekali di akhir pekan atau hari libur.

tanpa kehadiran mama dan bapak, terasa sekali kekurangannya. cerewetan mama tak terganti walau cerewetan bude kerap terdengar. atau gelak tawa bapak ketika bermain dengan raka, cucu pertamanya – anak kami, tak terpenuhkan walau raka tak memilih bercanda dengan siapa saja. belum lagi tanpa kehadiran sanak saudara, menambah sepi dan rindu kebersamaan.

inilah yang jadi pengorbanan kami pada hari raya haji tahun ini. hanya doa terpanjat semoga mama dan bapak kembali dengan sehat wal afiat dan mendapat haji mabrur yang pahalanya surga serta harapan semoga keluarga kami dapat merasakan lagi ramainya kebersamaan di hari raya dan hari-hari lainnya di dunia dan di akhirat kelak.

taqobbal Allahu minna wa minkum – semoga Allah menerima ibadah dari kami dan dari anda. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: