SAATNYA MENABUNG AIR!

Hari-hari ke depan adalah hari-hari bersyukur karena Allah melimpahkan hujan dari langit-Nya untuk membasahi bumi-Nya yang kekeringan. Musim hujan tiba biasanya yang paling bergembira ria adalah katak-katak di balong dan sawah, capung-capung sehingga mereka dapat melanjutkan regenerasi, juga komunitas masyarakat yang sehari-harinya kekurangan air. Tidak demikian bagi beberapa orang justru was-was akan hadirnya hujan: BANJIR jadi momok mengerikan yang mengancam setiap musim hujan tiba, disusul dengan penyakit ganas yang muncul.
Ketika musim panas kita kekurangan air, daripada membiarkan air membanjiri selain sungai di musim hujan seharusnya kita dapat menabung air sebagai persediaan.
Banyak hal yang dapat kita lakukan mulai dari rumah masing-masing:
1. Bersihkan selokan dari sampah supaya aliran air lancar dan tidak menggenang
2. Jangan tutup halaman dengan semen, jika sudah telanjur, bongkar kembali dan ganti dengan grass block atau tanami dengan rerumputan
3. buat sumur resapan atau lubang resapan biopori supaya air dapat meresap lebih banyak ke dalam tanah (alat pelubang biopori bisa berupa linggis dan sekop atau membeli alat bornya di www.biopori.com)
4. ganti pompa jet air dengan pompa biasa (selain menjaga konservasi air, juga lebih menghemat listrik)
5. biasakan membuang sampah pada tempatnya (jangan sembarangan di jalan atau di sungai supaya tidak menambah kedangkalan sungai)
6. pisahkan sampah berdasar kategori organik dan non organik. sampah organik dapat dimasukkan ke dalam lubang resapan biopori, untuk non organik dapat berupa plastik atau kertas, masing-masing dapat didaur ulang oleh pabrik.
7. tularkan semangat menabung air ini kepada tetangga terdekat agar mereka melakukan hal yang sama dengan kita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: