ruang-ruang cahaya

Ini bukan pertamakalinya Citra mendisain sesuatu. Tapi ini adalah disain arsitektur pertama Citra semenjak kuliah. Dan karena waktu itu Citra bener2 masih masih terbata-bata make komputer makanya disain ini dirancang secara handmade.

Ini adalah rancangan Rumah Berlibur (mungkin lebih pas dibilang Rumah Liburan ya?!). Mulai dari bentuk site n suasananya, masing mahasiswa menentukannya sendiri. Terserah mau liburan di tempat kayak apa dengan suasana seperti apa. Citra waktu itu memilih site di pinggir sebuah danau yang banyak pepohonannya. Mungkin waktu itu terinspirasi sama danau UI yang belum kayak sekarang. Masih banyak belukar n agak sepi. Enak buat tetirah.

Ruang luarnya nggak banyak dieksplor, justeru interiornya dibuat seakan menyatu dengan ruang luar. Lantai dibuat berkontur menyerupai tanah sewarna tanah. Dinding dibuat seterbuka mungkin dengan ruang luar dengan banyaknya bukaan yang bervariasi letak dan besarannya. Seakan di dalam kita sedang mengamati dinding penuh lukisan alam yang senantiasa bergerak dan berganti. Impressive.

Bentuk denahnya sendiri terinspirasi dari bimasakti. Seperti jalur yang dibentuk oleh susu yang diaduk. Centernya adalah ruang istirahat, sebagaimana tujuan berlibur sendiri adalah untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Di bagian yang berhubungan dengan danau (saya menentukannya sebagai arah utara) adalah ruang melukis. Obyeknya adalah danau. Di ruangan ini, setakbersahabat apapun cuacanya tetap memungkinkan untuk melukis. Kontur dan bukaannya menyuguhkan berbagai variasi sudut pandang. Di bagian baratnya, terletak ruang ibadah dan ruang bersih2. Dan di bagian selatan terdapat area makan dan dapur.

Tapi eksteriornya biasa banget! Atap datar yang bertingkat2. Dinding yang terkesan datar. Datar semua.. bikin sebel liatnya. >:<

Pertamakali diliat asdosnya, dibilang bagus -padahal baru denah- tapi Citra langsung geer n nggak serius mengolah eksteriornya. Nyatanya, hasil akhirnya malah nggak sesuai dengan harapan sang asdos. Walaupun bisa mengantongi nilai B, tapi Citra sedih karena disain pertama ini menuai kritik yang sangat tajam dari penguji (waktu itu MTJ) n senior2 yang ikut lihat (kalo gak salah Veny n Asep '97). Huikss, hancur hatiku.. :(( :(( :((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: