sunatan raka

angan-angannya nyunatin raka pas 2 tahun… tapi diskusi sama teman lebih baik nyunatin anak ketika baru lahir atau sudah besar sekalian (sebelum baligh), jadilah sunatan raka tertunda sekian lama. belakangan dapat pemberitahuan beberapa anak tetangga disunat karena sulit pipis. dalam kedokteran dikenal istilah fimosis. terhadap bayi baru lahir antara fimosis dengan normal sulit dikenal karena sama-sama tertutup kulup. sekitar 50% anak usia 1-2 tahun dan sekitar 90% anak usia 3 tahun sudah dapat menarik kulupnya sehingga mudah dibersihkan. kalau lewat dari 3 taahun gak bisa, ditambah sulit pipis, kotoran sudah menumpuk dan fimosis harus segera dilakukan tindakan: sunat.

raka masih 2 tahun 7 bulan, masih masuk kategori 10-50% yang kulupnya gak bisa dibuka. dilakukan dilatasi manual selama satu bulan belum berpengaruh. sehingga disarankan dokter untuk disunat. mengingat aktivitas bermainnya tidak mau kami kurangi, kami daftarkan raka di rumahsunatan.com via telepon untuk disunat dengan metode smart klamp, alhamdulillah acara bersunat lancar, walau dengan peluh menahan raka yang berontak ketika disunat. selepas bersunat raka langsung dapat bermain kembali.

hanya saja … jangan sampai lupa meminumkan ibuprofen dan antibiotik sehari 3 kali, atau raka berteriak gigitan semut.
hanya saja … ketika mau pipis atau mandi melihat ada smart klamp diiujungnya, ia menangis dan minta dilepas. terpaksa kami harus buat ia tidak melihat ke bawah dan memakaikan diaper supaya tidak tergesek…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: