bumi (tidak) berputar

Para ulama muslim sudah sepakat bahwa planet bumi berbentuk bulat, namun untuk menyepakati mana yang benar antara bumi berputar atau diam dan bumi mengelilingi matahari atau sebaliknya, masih dalam ranah ilmiyah yang terbuka untuk didiskusikan. Mengingat bahwa Allah tidak secara tegas mengatakan di dalam Alquran mengenai hal itu. Allah hanya menyampaikan isyarat bahwa berdasarkan penglihatan manusia, matahari terbit dari arah timur dan terbenam di arah barat. Hal ini berbeda dengan Alkitab-nya orang nasrani di mana pada kitab Perjanjian Lama disebutkan secara tegas bahwa bumi itu diam.

Pada kesempatan ini saya tidak hendak membuat polemik lebih jauh pada hal yang masih terbuka untuk didiskusikan itu. Lagipula bahan-bahan bacaan demikian tersebar luas di internet maupun buku-buku dengan berbagai hujjah dan dalil.

Saya hendak mengajak Anda bahwa Alquran bukanlah kitab astronomi yang dengan sengaja menjelaskan gerak benda-benda di alam semesta. Alquran adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, sehingga zahirnya dalil Alquran haruslah dipahami apa adanya. Sains yang bertentangan dengan zahir Alquran tidak perlu dibela mati-matian. Begitupula sains yang nampaknya mendukung zahir Alquran, masih terbuka peluang untuk dibantah dengan penemuan-penemuan baru.

Namun sama sekali jangan pernah mengingkari Alquran, karena tanpanya kita tidak berbeda dengan orang-orang yang tersesat dan yang dimurkai Allah.

Satu Balasan ke bumi (tidak) berputar

  1. […] menerima kembali konteks matahari mengelilingi bumi ditambah pengetahuan bahwa bumi itu bulat dan tidak berputar pada porosnya. Dengan sendirinya fenomena siang dan malam terjawab. Begitupula perhatian mengenai […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: