rizki dan risky

rejeki sudah ada yang mengatur. begitulah pemeo yang populer di masyarakat kita, biasanya digunakan untuk membuat hati ayem terhadap permasalahan rejeki. banyak orang yang bertanya-tanya tentang rejeki dan bagaimana mendapatkannya bahkan tulisan saya di sini telah dikunjungi 334 orang dalam waktu 1 tahun belakangan. artinya setiap hari orang terus bertanya tentang konsep rejeki. akan tetapi banyak juga orang-orang yang salah mengambil jalan dalam menjemput rejeki, bahkan too risky, jadi bagaimana dong?

pemeo itu secara harafiah dapat dibilang 101% benar. coba saja lihat burung yang terbang dari sarangnya, pastilah membawa pulang makanan buat anak-anaknya. atau ular yang melata, akan mendapatkan makanan sesuai kebutuhannya. maka jelaslah sudah ada yang mengatur rejeki makhluk hidup di alam semesta ini. apalagi rejeki untuk manusia, pastilah Dia tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya dalam hal ini.

ada sebagian orang yang mengejar rejeki dengan tabrak sana sini tanpa memedulikan sekitarnya. ada juga yang mencoba mempertahankan rejekinya dengan menolak pindah. ada pula yang memperjuangkan rejekinya dengan menyuap, menjilat, bahkan meludahi mukanya sendiri. orang-orang ini berisiko tinggi dan dapat dikategorikan serakah. dengan keserakahannya itu rejeki yang didapatnya easy come easy go bahkan uneasy come easy go.

namun banyak pula manusia yang humble dalam mencari rejeki. ketika datang ia menerimanya dengan gembira, ketika pergi ia melepasnya dengan ikhlas. menyadari bahwa semua yang ia terima pada prinsipnya adalah titipan yang dapat diminta sewaktu-waktu pemiliknya menagih. ia jadikan fasilitas hidupnya berada di tangan dan di kakinya, yang dapat dengan mudah dipegang dilepas dijejak, bukan berada di hatinya.

ada sebuah tips yang sangat mudah dijalani kecuali oleh orang-orang yang punya setitik kesombongan. tips itu adalah taqwa menjadikan rejeki datang kepada kita dengan mudah. silakan merujuk ke QS 65: 2-3

hev a nais wiken 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: