SMS 1717

Pas habis masa berlaku SIM A saya sedang bertugas keluar kota. Dua pekan setelahnya baru sempat mengurusnya. Segera saya buka google mencari tahu proses perpanjangan SIM. Saya pernah melakukan perpanjangan SIM C di Polres Jaksel, waktu itu KTP saya masih DKI. Beberapa waktu setelahnya hadirlah perangkat Mobil SIM Keliling. Sekarang KTP saya sudah Depok. Saya mencari tahu bagaimana melakukan mutasi atau yang terbaik untuk memperpanjang SIM saya yang habis.

Dari website Ditlantas Polda Metro Jaya dan sms 1717 diperoleh info bahwa saya dapat melakukan perpanjangan di Jakarta dengan mengupdate alamat yang tertera sesuai dengan alamat terakhir. Segera aku kirim sms ke 1717 menanyakan posisi MobSIMKel terdekat. Waktu sudah menunjukkan pukul 11, segera saya laju sepeda motor saya ke pelataran parkir Kebun Binatang Ragunan. sesampainya di sana diberitahu sedang istirahat karena loket pendaftaran sudah tutup. Akan dibuka kembali jam 12:30.

Setelah shalat zuhur di masjid  terdekat saya kembali ke MobSIM. Ternyata formulir sudah habis. Saya sms ke 1717 untuk konfirmasi. Dijawablah bahwa formulir hanya tersedia 120 setiap harinya. MobSIM akan hadir di samping Pos Polisi Kalibata esok harinya. Saya tanyakan lagi 1717 apakah bisa dilakukan di Polres? Dijawabnya Polres Jaksel yang terdekat, pelayanan hingga jam 14. Saat itu waktu sudah menunjukkan jam 13. Saya putuskan untuk mengurus keesokan harinya.

***

Jam 10, saya tancap gas dari kantor dengan sepeda motor saya menuju Polres Jaksel. Keadaan gedung remang-remang, ternyata kondisi mati lampu. Kemungkinan sampai sore, sehingga pelayanan ditutup. Diberitahu bahwa ada MobSIM di Kalibata. Saya kejar ke Kalibata dalam setengah jam. Formulir sudah habis pula. Ah… saya pacu kembali ke kantor. Seharusnya lebih pagi lagi saya datang ke Polres maupun ke MobSIM. Jadi pertanyaan saya juga, mengapa Polres tidak menyediakan genset darurat supaya pelayanan tetap dapat dilangsungkan? Bukankah MobSIM menggunakan portable genset?

Sekarang, mana yang lebih baik? tetap memperpanjang di Jakarta atau melakukan mutasi di Depok? fyi… untuk mutasi harus mengurus administrasi pencabutan data di Samsat Daan Mogot 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: