kon.sis.ten

kon·sis·ten /konsistén/ a 1 tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya — dng ucapan [KBBI]

Kata tersebut gampang diucapkan, namun berat dilaksanakan. Apalagi sebagai manusia kita memiliki terlalu banyak apologi terhadap sikap inkonsisten. Bahkan seseorang yang diketahui sangat konsisten pun dapat dimaklumi apabila pada suatu saat ia berbuat inkonsisten.

Memaksakan diri untuk konsisten pada semua hal itu bagus, tetapi sayangnya terlalu banyak faktor yang mampu memengaruhi kondisi kita. Oleh karenanya cukuplah apabila kita membatasi sikap konsisten pada hal-hal tertentu yang mampu kita lakukan. Sebagaimana Allah tidak membebani kita dengan kewajiban-kewajiban ibadah di luar kesanggupan, supaya kita mampu melaksanakan ibadah tersebut dengan konsisten, maka begitu pulalah sebaiknya sikap kita terhadap dunia.

“Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya” (QS Al Mu’minuun, 23:62)

“Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Huud, 11:112)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: