fys – 01 unplug

Beberapa kali dalam blog ini saya tuliskan hal-hal mengenai keselamatan dan keamanan sehari-hari, baik di rumah, di jalan maupun di tempat kerja. Kali ini tentang unplug when not in use. Seringkali kita merasa baik-baik saja terhadap peralatan elektronik di rumah kita dengan membiarkan steker tetap terpasang ke stop kontak hanya karena tombol on/off pada posisi mati. Para penggiat hemat energi telah berteriak-teriak bahwa hal tersebut tetap tidak menghentikan aliran listrik ke peralatan elektronik, dengan demikian telah terjadi pemborosan dalam penggunaan listrik. Namun bukan itu perhatian utama tulisan ini.

Untuk barang-barang elektronik berpelindung seperti televisi, radio, komputer, barangkali tidak menjadi isu keselamatan. Namun barang-barang elektronik yang bermotor apalagi berpisau seperti blender, mixer dan mesin pemotong tentulah merupakan isu keselamatan yang wajib diperhatikan, karena dapat berakibat fatal. Terkadang kita tidak dengan sengaja menyentuh tombol on/off ke posisi hidup. Jika steker masih terpasang di stop kontak maka listrik akan menggerakkan motor dengan tiba-tiba dan pisaunya akan memotong benda-benda yang berada di dekatnya. Membahayakan, bukan?

Then for your safety, don’t forget to switch or turn off the electronics, unplug the cable from the outlet when not in use.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: