amanah, diemban atau dikhianati?

2ama·nah 1 n sesuatu yg dipercayakan (dititipkan) kpd orang lain: kemerdekaan Indonesia merupakan — dr para pahlawan bangsa2 n keamanan; ketenteraman: bahagia dan — yg sukar dicari3 a dapat dipercaya (boleh dipercaya); setia: temanku adalah orang –;
meng·a·ma·nah·kan v mempercayakan (kpd); menitipkan: saudagar itu ~ hartanya kpd saudaranya;
peng·a·ma·nah n orang yg mengamanahkan

Menurut KBBI di atas, makna kata amanah terhubung dengan titipan atau kepercayaan. Seseorang yang dititipi atau dipercayakan sama saja dengan orang yang diberi amanah. Amanah itu dapat berbentuk macam-macam, apakah berupa barang, jabatan, pekerjaan, hingga orang. Petugas parkir dititipi kendaraan, direktur dan staf suatu perusahaan dititipi jabatan, office boy dititipi pekerjaan. Bahkan Allah mengamanahkan istri kepada suami, dan mengamanhkan anak-anak kepada orang tua. Para rasul juga telah mendapat amanah kerasulan yaitu untuk mendakwahkan tauhid kepada seluruh umat manusia.

Siapapun yang mendapat titipan, mendapat kepercayaan dari yang menitipkan (pengamanah). Maka bergantung kepada penerima amanah itu sendiri untuk mengembannya dengan penuh tanggung jawab, atau mengkhianatinya dengan cara masa bodoh dan tidak peduli dengan amanah tersebut. Namun barangsiapa yang mengkhianati amanah, maka cukuplah peringatan Allah bagi mereka:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُواْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

QS Al Anfaal, 8:27. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: