pembagian gender di bus transjakarta

Ada hal baru dalam dua hari terakhir yang saya temui ketika menumpang bus transjakarta koridor 6, barangkali hal ini berlaku pula untuk koridor yang lain, yaitu pemisahan antri pintu berdasarkan gender. Selama ini pemisahan antri pintu hanya berdasarkan ibu hamil-orang sakit-berdiri-duduk dan itu pun hanya berlaku di terminal keberangkatan, bukan di setiap halte busway. Kabarnya pemisahan pintu berdasarkan laki-laki dan perempuan ini dilakukan sebagai tanggapan atas laporan kasus pelecehan seksual yang dialami oleh salah seorang penumpang beberapa waktu lalu. Tindakan reaktif ini walau cukup bagus, menurut saya kurang efektif jika belum memisahkan penggunaan busnya.

*update 060710: Ada polling tentang hal ini di http://www.transjakarta.co.id/ kita juga bisa senyum melihat hasil pollingnya lho!*

4 Balasan ke pembagian gender di bus transjakarta

  1. andi mengatakan:

    sayangnya… pembagian ini “anget-anget tahi ayam”, bukan karena petugasnya yang malas mengarahkan, tetapi karena penumpangnya yang enggan diaturūüė¶

  2. meihana mengatakan:

    saya sangat setuju dengan adanya pemisahan antrian antara perempuan dan laki-laki, karena teman saya juga pernah mengalami hal yang tidak enak saat berdesak-desakan dengan lawan jenis ketika ingin memasuki busway tersebut.

  3. Mirna Yuliana mengatakan:

    saya setuju. namun jika harus dilakukan hal itu menurut saya sangat miris. itu berarti menunjukkan attitude org Indonesia yang kurang menghargai orang lain khususnya di tempat-tempat umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: