Antara Harvard dengan MIT

Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Sejarah bagaimana kedua institusi pendidikan terkenal itu berhasil dibina melalui masa ratusan tahun dapat dibaca di situs jejaring resminya yaitu http://www.harvard.edu/history dan http://libraries.mit.edu/sites/mithistory/.

Cara tercepat pergi ke Harvard dari Boston adalah dengan menaiki T pada Red Line dan turun di stasiun Harvard. Masuk melalui pintu Old Yard dan menikmati keteduhan pohon-pohon di halaman yang dikelilingi bangunan tua. Di depan bangunan utama terpasang sebuah patung laki-laki yang duduk di atas kursi. Patung tersebut terkenal sebagai John Harvard Statue. Ada beberapa fakta menarik patung tersebut:

  • Ada anggapan bagian sepatu yang mengilap membawa keberuntungan dan kebijaksanaan, sehingga banyak wisatawan yang menyentuhnya. Jika di siang hari para wisatawan mengalap berkah dari sepatu patung tersebut, maka di malam hari para mahasiswa mengencingi bagian tersebut.
  • Ada 3 kebohongan mengenai patung tersebut: Terukir nama “John Harvard”, namun patung tersebut bukanlah John Harvard karena tidak didapati foto atau gambar diri John Harvard sebenarnya. Terukir “Founder 1638”, padahal John Harvard bukan pendiri Harvard University. Namanya dicatut karena ia menyumbangkan seluruh buku-buku yang dimilikinya pada tahun 1636 kepada sekolah yang pada waktu itu disebut Newtowne College.

Banyak yang bilang pemegang ijazah Harvard tidak perlu mencari kerja karena pekerjaan yang akan datang menawarkan diri. Universitas Harvard tidak hanya membuat lulusannya menjadi orang-orang yang sukses di segala bidang dunia, bahkan drop-out seperti Bill Gates yang kemudian kembali ke Harvard untuk memeroleh ijazah kelulusan setelah 35 tahun meninggalkannya, pun bisa sukses.

Dari Boston menuju MIT dapat dicapai dengan T pada jalur Red Line dan stop di stasiun Kendall/MIT, atau dapat dicapai melalui jalan Massachusetts Avenue menyeberangi sungai Charles. Dibandingkan dengan Harvard yang sudah berusia 357 tahun dan menampakkan keanggunan arsitektur masa lalu, MIT yang baru 150 tahun lebih banyak menampakkan teknologi dan arsitektur modern. Maskot MIT adalah beaver alias berang-berang, salah satu makhluk yang dibekali oleh Tuhan dengan intuisi kecerdasan rekayasa (engineering) yang menakjubkan. Dengan bekal kecerdasan pula, para mahasiswa banyak membuat rekayasa menarik yang disebut hacks untuk membuat hidup perkuliahan lebih menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: