mencari ketenangan jiwa

Betapa banyak manusia yang mencari ketenangan jiwadengan lari kepada minuman keras, penyalahgunaan narkotika, atau tempat-tempat hiburan. Yang semua itu sama sekali tidak menghilangkan kegundahan dan kerisauan, malah mendatangkan tambahan persoalan dalam hidup mereka.

Padahal seandainya seorang yang berislam dengan jujur mau mengetahui, ketenangan itu didapatkan dengan menghadiri majelis ilmu. Sebagaimana diriwayatkan oleh imam Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah radiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allâh, mereka membacakan kitabullâh dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allâh memuji mereka di hadapan makhluk yang ada didekatnya.

Semestinya banyak yang berebutan menghadiri majelis ilmu untuk mendapatkan ketenangan yang selama ini ia cari. Kegelisahan yang selama ini ia ingin lari darinya demi mendapat keteduhan, kecuali akan ia dapatkan di majelis ilmu. Karena di dalamnya dibacakan ayat-ayat Alquran dan hadits nabi, dan telah dijanjikan ketenangan jiwa sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

faedah dari taklim bada magrib di masjid almuhajirin wal anshar oleh ust. Wira al-Bangkawy. 8/3/14

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: