bolehkah saya tidak berpuasa

Seorang wanita bertanya kepada seorang syaikh, “Sesungguhnya saya sedang hamil sehingga saya tidak berpuasa. Tahun depan saya akan melahirkan dan menyusui, sehingga saya pun tidak berpuasa. Pada tahun berikutnya  saya masih menyusui  dan juga akan tidak berpuasa. Bagaimana pendapatmu, wahai syaikh?”

Syaikh menjawab, “Wahai Ibu, para sahabiyah dahulu, mereka hidup di tengah teriknya matahari. Mereka, semoga Allah meridai, juga bekerja membantu suaminya. Bekerja di rumah tanpa pembantu. Mereka juga hamil, melahirkan dan menyusui. Akan tetapi mereka bersemangat untuk tetap berpuasa.”

Syaikh melanjutkan, “Sedangkan kalian, wahai wanita zaman sekarang, kalian tinggal dalam naungan penyejuk udara. Kalian pergi kemana-mana dengan kendaraan yang nyaman. Pekerjaan di rumah kalian dikerjakan oleh pembantu rumah tangga. Bandingkan diri kalian di sisi para sahabiyah? Bagaimana bisa kalian beralasan untuk tidak berpuasa?”

***

Wahai saudari muslimah, ketahuilah bahwa uzur untuk tidak berpuasa bagi wanita hamil dan menyusui itu benar adanya. Namun ketahui juga bahwa puasa yang ditinggalkan itu harus diganti.

Apabila kalian mengkhawatirkan diri kalian dan bayi kalian, maka kalian wajib mengganti puasa dan memberi makan orang miskin (fidyah) sesuai bilangan hari yang ditinggalkan. Adapun jika hanya mengkhawatirkan diri kalian sendiri, maka tak ada bedanya dengan orang yang sakit, yaitu wajib mengganti puasanya saja.

Percakapan di atas, semestinya menjadi introspeksi bagi wanita muslimah. Betapa keadaan para sahabiyah dahulu jauh lebih kekurangan daripada keadaan kita saat ini. Dan mereka, semoga Allah meridai,  lebih berhak mengambil uzur tidak berpuasa.

Sebaliknya, me

reka sangat bersemangat untuk beribadah, kalaupun mereka meninggalkan puasanya maka mereka  bersemangat untuk menggantinya.

Semoga Allah memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: