Depresi

image

Dunia hanyalah sementara, jadikanlah ia penuh dengan ketaatan kepada Allah

Kondisi baru saja melahirkan, berpisah dengan keluarga tercinta, atau karena hal-hal yang menyedihkan, adalah di antara hal-hal yang memicu depresi. Penderita depresi memerlukan pendampingan yang tulus dari orang-orang terdekat.

Rasa takut yang mucul dari depresi sebaiknya diarahkan kepada rasa takut yang benar, yaitu rasa takut kepada Allah. Meyakini bahwa ada Allah yang sangat mampu dan memiliki semua hal yang yang kita ingini.

Meyakini bahwa Allah sangat sayang kepada hamba-hambaNya, Dia pula yang sangat menjamin terpenuhinya apa-apa yang dikhawatirkan.

Serta selalu berharap semoga Allah memudahkannya keluar dari depresi berkepanjangan dan menggantinya dengan bahagia.

Dua zikir yang biasa dibaca setiap pagi dan petang berikut ini, dengan membaca dan menghayatinya, semoga membantu meringankan beban berat depresi yang dirasakan:

اللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّماوَاتِ وَالْأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِي سُوءاً أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

Ya Allah, Tuhan yang mengetahui perkara ghaib dan nyata, Pencipta langit dan bumi, Tuhan setiap sesuatu dan Pemiliknya, aku mengaku bahawa Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau, aku berlindung denganMu daripada kejahatan diriku dan kejahatan syaitan dan sekutunya dan aku berlindung dari usaha melakukan kejahatan terhadap diriku atau aku melakukannya kepada orang Islam lainnya.

(HR. Sahih At-Tirmizi, Abu Dawud)

يَاحَيُّ، يَا قَيُّومُ، بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

Wahai Tuhan yang Tetap Hidup, Yang Kekal memerintah selama-lamanya, dengan rahmatMu aku memohon pertolongan. Perelokkanlah bagiku segala urusanku dan janganlah Engkau biarkankan nasibku ditentukan oleh diriku sendiri walaupun sekejap mata.

(HR. Al-Hakim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: